Tips Mudah Agar Balita Cepat Tidur


Pada umumnya bayi memang sulit tidur di malam hari, karena memang bayi yang baru lahir memiliki ritme tidur yang berbeda dengan orang dewasa. Kadang siang jadi malam, malamnya jadi siang. Hal ini tentu saja sangat mengganggu rutinitas orang tua, karena setiap malam harus begadang untuk menemani si bayi dan pagi-paginya harus berangkat kerja.
Jangan khawatir untuk ayah-ibu yang mempunyai masalah ini. Ada beberapa tips untuk mendorong si bayi agar lebih cepat beradaptasi dengan pola tidur yang normal.

1.      Jadwal tidur
Buatkan jadwal tidur yang tepat buat si kecil. Biasakan si bayi tertidur diwaktu yang sama setiap harinya, agar pola tidur anak teratur dan belajar disiplin dengan aturan.

2.      Suasana tidur yang nyaman
Suasana yang nyaman sangatlah memengaruhi didalam proses tidur. Gunakan lampu yang redup dan suasana yang tenang agar si bayi merasa tenang. Putarkan lagu pengantar tidur, agar si bayi cepat mengantuk.

3.      Aktivitas yang membuat anak aktif
Hindari kegiatan-kegiatan yang membuat balita membangunkan tubuh, seperti bermain, berlari-lari, menonton tv, dll. Kegiatan-kegiatan ini yang mengakibatkan si bayi sulit diajak tidur.

4.      Berikan sentuhan lembut
Berikan sentuhan dan pijatan lembut dari sang ibu sebelum tidur. Hal ini, akan menciptakan suasana hati si bayi akan lebih tenang dan nyaman.

5.      Tidur siang
    Menurut penelitian para ahli kedokteran, sangat disarankan balita untuk tidur siang, karena baik untuk kesehatan tubuh dan proses pertumbuhan anak. Akan tetapi, jangan terlalu berlebihan agar tidak mengganggu waktu tidur malam.

Semoga beberapa tips sederhana di atas bisa membantu balita anda lebih cepat tidur dengan nyenyak ya..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar