6 Langkah Agar Anak Pintar Bicara


Keterlambatan kemampuan bicara pada anak, memang suatu masalah yang umum dari beberapa orang tua. Anak usia antara 1-2 tahun adalah waktu dimana anak sedang senang belajar bicara. Di Usia itu anak sudah mampu mengucapkan kalimat-kalimat pendek yang sudah diketahuinya, namun masih ada beberapa kendala seperti suku kata yang terbalik, kalimat yang terbalik-balik membuat orang tua kebingungan memahaminya. Oleh, karena itu orang tua harus melatih kemampuan bicara anak sejak dini agar membantu kemampuan komunikasi dan interaksi social dengan lingkungan. Ada bebrerapa tips untuk melatih kemampuan bicara anak, antara lain sebagai berikut:

                                                                
1.    Pada saat anda mengajak anak untuk bicara, biasakan bicara dengan kosa kata yang jelas dan mudah dimengerti disertai dengan bahasa tubuh. Karena ketika bicara dengan anak, gerakan tubuh mempunyai peranan penting dalam menjalin komunikasi dengan anak, dan memudahkan anak untuk lebih mudah memahami arti kata tersebut.
2.    Gunakan kosa kata yang lebih mudah diucapkan anak, agar lebih mudah untuk dimengerti dan anak lebih mudah untuk mengikuti kosa kata yang kita ajarkan.
3.    Gunakan bahasa atau istilah yang sering kita ajarkan, hindari untuk memberi istilah-istilah baru, karena kosa kata yang bisa ditampung anak masih terbatas jumlahnya.
4.   Saat bicara dengan anak tunjukan ekspresi dan berilah intonasi yang yang berbeda-beda pada setiap kata. Hal ini, untuk mengajarkan kalau setiap intonasi dan ekspresi bicara mempunyai arti yang berbeda. Misalnya intonasi disaat kita bertanya, intonasi larangan, intonasi menyuruh, dan lain-lain.
5.    Mengajak anak bernyanyi dan mendengarkan lagu. Nyanyikan lagu anak-anak yang mudah untuk diingat dan ajak anak untuk bernyanyi bersama. Jangan lupa untuk menjelaskan maksud dari lagu itu, agar anak memahami apa yang sudah dinyanyikan.
6.   Bila anak sudah memperlihatkan kemampuan bicaranya, jangan lupa untuk memberinya pujian. Hal ini, untuk membangkitkan rasa percaya diri si anak, dengan demikian anak akan semangat untuk mempelajari hal yang baru lagi dengan mengharapkan mendapat pujian lagi dari sang ibu. Misalnya si kecil bisa menyanyikan lagu-lagu anak, jangan lupa untuk memberikan pujian. Seperti memeluk, mencium, sambil mengucapkan kata-kata pujian dengan begitu anak akan merasa senang.


Semoga beberapa tips di atas bermanfaat  yah..Tapi ingat setiap anak mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam mengembangkan kemampuan bicaranya. Jadi jangan terlalu memaksakan anak. Tugas kita hanya membantu anak untuk melatih kemampuan bicaranya dengan caranya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar