Tips Sederhana Merawat Rambut Bayi


Pada umumnya setiap orang tua menginginkan rambut lebat untuk si buah hati. Banyak juga anak yang terlahir tanpa rambut sama sekali, tetapi ada juga anak yang sudah terlahir dengan rambut yang lebat.  Oleh karena itu, lebat atau tidak rambut si buah hati, kita harus merawatnya sedini mungkin. Agar kelak di masa yang akan datang anak kita memiliki rambut yang indah. Tapi ingat, merawat rambut orang dewasa, sangat jauh berbeda dengan merawat rambut bayi lo. Karena kulit kepala si kecil masih sangat sensitive. Ada tips sederhana untuk merawat rambut bayi tetap sehat.
1.     Bersihkan rambut secara teratur, dengan demikian akan membantu jalannya sirkulasi darah pada kulit kepala. Usahakan membersihkan rambut si kecil minimal 2 hari sekali atau seminggu dua kali.

2.   Shampo yang tepat. Kita sebagai orang tua harus pandai-pandai memilih sampo karena kulit kepala si kecil sangatlah sensitive. Pilihlah sampo yang dirancang khusus untuk bayi yang mengandung formula atau cairan yang lembut , tidak pedih di mata, dan tidak menyebabkan alergi. Selain yang berbahan kimia, ada juga produk tradisional alami yang mampu menambah kelebatan rambut dan menyuburkan rambut. Produk tersebut adalah tanaman lidah buaya.

3.  Memotong Rambut. Potonglah rambut si kecil agar ujung rambut tetap sehat, tidak bercabang, dan menghindari rambut mudah patah atau rontok.


4.   Makanan Bergizi. Gizi dan nutrisi pada makanan juga berpengaruh pada pertumbuhan rambut. Kurangnya vitamin pada rambut anak akan mengakibatkan rambut rusak, rontok, berketombe, dll.

5.  Sisir Rambut yang Tepat dan Teratur. Usahakan menyisir rambut si kecil secara teratur dan gunakan sisir yang halus, tidak tajam dan bergigi jarang. Lakukan secara lembut danhati-hati, agar sisir tidak melukai kulit kepala dan membuat rambut patah atau rontok.


Semoga beberapa tips diatas membantu orang tua untuk merawat rambut si buah hatinya ya..