Tips Menjaga Kesehatan Anak


Anak adalah tipipan dari Tuhan Yang Maha Esa dan kita diwajibkan untuk menjaga dan merawatnya dengan baik. Untuk menjaga kesehatan anak kita harus pandai-pandai kesehatan anak agar tidak mudah sakit. Anak memang lebih mudah terkena penyakit daripada orang tuanya. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pemahaman orang tua untuk menjaga kesehatan anak. Dalam menjaga kesehatan anak, sebenarnya tidak sulit daripada merawat anak kalau sedang sakit. Ada beberapa tips sederhana untuk menjaga kesehatan anak, antara lain:

 1.       Makanan Bergizi
Anak harus mendapat asupan gizi yang cukup, agar daya tahan tubuh bisa menangkal penyakit. Makanan yang dianjurkan adalah makanan yang mengandung zat tenaga (karbohidrat dan lemak), zat pembangun (protein) dan zat pengatur (vitamin dan mineral). Biasakan si kecil suka makan, makanan yang mengandung zat-zat tersebut, agar tubuhnya tetap sehat. Untuk balita yang suka makanan tertentu saja, anda harus bisa menyiasati makanan, agar tetap disukai balita. baca juga.. gizi dan nutrisi

2.       Kebersihan si Kecil
Kesehatan si kecil tak hanya datang dari makanan, melainkan kebersihan juga harus dijaga:
·         Serutin mungkin bersihkan kamar si kecil, bersihkan kamarnya dari barang-barang yang tidak berguna. Ganti sprei dan sarung bantal guling si kecil. Sapu dan pel lantainya agar kamar si kecil tetap bersih dan nyaman.
·         Mandi 2 kali sehari, biasakan balita untuk menyabuni seluruh tubuh, termasuk lipatan-lipatan tubuh si kecil. Jika balita sudah memiliki gigi gunakan sikat gigi untuk membersihkan gigi.
·         Biasakan balita untuk mencuci tangan sebelum makan dan sehabis makan, sehabis main, dan sehabis buang air. 
·         Biasakan batita untuk mencuci kakinya setiap kali masuk rumah, mau naik ke tempat tidur, sehabis bermain dan sehabis bepergian.

3.       Aktivitas si Kecil
Membiarkan anak bermain, bergerak, berlari, memanjat dan sebagainya. Yang penting, kita harus mengawasinya agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan. Sebaiknya anak beraktivitas minimal 1 jam sehari (jumlah akumulatif), tapi jangan sampai berlebihan. Dengan banyaknya aktivitas anak, manfaat bagi kesehatan anak antara lain:
·         Aliran darah menjadi lancar.
·         Mengenal berbagai kuman, virus, atau bakteri. Dengan demikian tubuh mampu mengasilkan antibodi untuk melawan kuman, virus, atau bakteri tersebut.
·         Mengurangi risiko kegemukan dan memperbaiki metabolisme tubuh.

4.       Istirahat
Biasakan si kecil tidur siang minimal 1-2 jam, dan tidur malam minimal 8 jam. Balita membutuhkan waktu tidur 12-14 jam sehari. Dengan istirahat yang cukup, tubuh dapat membentuk system kekebalan tubuh baliat, melawan segala penyakit, proses belajar dan daya ingat. Anak yang memiliki gangguan tidur biasanya mudah rewel dan juga mudah sakit. Hal itu dikarenakan proses pengeluaran hormon terganggu.

5.       Imunisasi Komplit dan Tepat Waktu
Tujuan imunisasi adalah agar zat kekebalan tubuh pada si kecil  terbentuk, sehingga risikonya mengalami penyakit yang bersangkutan lebih kecil.  Saat imunisasi, anak akan diberi kuman atau sumber penyakit tertentu, dengan harapan anak kebal terhadap penyakit tersebut.
Imunisasi yang wajib, antara lain : BCG, Hepatitis B, Polio, DTP, dan Campak.
Imunisasi yang tidak wajib, antara lain : Hib, MMR, Tifoid, Hepatitis A, dan Varisela.

       Akan tetapi dianjurkan untuk memberi semua jenis imunisasi untuk mengurangi resiko terkena penyakit yang bersangkutan. Mungkin biaya imunisasi memang mahal, akan tetapi jauh lebih mahal jika mengobati dan merawat anak jika jatuh sakit.
Dengan demikian anak tidak akan mudah terserang penyakit. Berbeda dengan anak yang selalu dijaga terus-menerus. Tubuhnya tidak mampu membentuk system kekebalan tubuh melawan penyakit yang datang.

Semoga beberapa tips diatas dapat membantu anda untuk menjaga kesehatan anak agar terus terjaga.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar