Cacar Air Menyerang Anak

Cacar air menyerang anak

Cacar air atau disebut juga Varicella simplex merupakan penyakit yang sangat cepat menular yang disebabkan oleh virus. Biasanya penyakit cacar air ini menyerang anak-anak, tetapi orang dewasa juga bisa terkena cacar air. Anak yang terkena cacar air, biasanya membutuhkan waktu antara 1 sampai 3 pekan untuk proses penyembuhan cacar air.
Gejala yang bisa dilihat jika anak terkena cacar air adalah permulaanya anak akan mengalami flu, demam, lesuh, nyeri, mual, dan pusing. Beberapa hari kemudian, akan muncul bintik-bintik kecil kemerah-merahan pada bagian dada, perut, punggung lalu bintik-bintik akan menyebar ke bagian wajah, kulit kepala, sekitar kemaluan, dan anggota gerak.
Bintik kemerah-merahan yang ada pada kulit akan berubah menjadi lenting yang berisi cairan. Jika lenting cacar dipecahkan, akan membentuk lenting yang lebih dalam sehingga waktu pengeringan akan lebih lama dan membuat bekas luka yang lebih dalam. Sehingga bekas luka akan sulit menghilang. Jadi lebih baik lenting cacar tidak usah dipecahkan atau digaruk, karena waktu pengeringan akan lebih cepat. Lenting yang sudah kering akan terkelupas dengan sendirinya dan bekas yang ditinggalkan akan lebih mudah menghilang.
Cacar air termasuk golongan penyakit ringan, penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, sebagai orang tua kita lebih baik memeriksakannya kepada dokter, agar kita mengetahui  jenis cacar air yang diderita oleh anak kita. Dengan berkonsultasi dengan dokter akan membantu pengobatan untuk anak yang terkena cacar air, agar cacar air tidak menyebar luas ke organ-organ vital dan tidak mengakibatkan komplikasi pada anak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar