Ciri-Ciri Anak yang Cerdas dan Berbakat



Kecerdasan anak sejak kecil merupakan kebanggan tersendiri bagi orang tua. Ada sebagian anak yang sejak lahir sudah memiliki memiliki kecerdasan dan bakat, tetapi ada sebagian juga yang tidak. Sehingga pada umumnya orang tua melakukan berbagai cara agar anaknya memiliki bakat sejak kecil. Ada beberapa ciri-ciri yang bisa kita lihat, untuk mengetahui kalau anak kita sudah berbakat atau tidak?
Berikut ini, adalah ciri-ciri anak yang mempunyai bakat dan kecerdasan :

1.      Rasa Keingin tahuan yang besar
Pada umumnya anak yang cerdas memliki rasa ingin tahu yang tinggi. Dia akan mencari tahu, sesuatu yang belum ia mengerti. Jadi, ketika anak kita menanyakan sesuatu yang kita harus menjawabnya dengan benar, agar anak tidak salah dalam mengartikan.

2.     Daya Ingat yang Kuat
Anak yang berbakat akan sangat mudah sekali mengingat sesuatu yang pernah dia lihat, pernah dilakukan, dan pernah dia rasakan. Misalkan kita sebagai orang tua mengajarinya bernyanyi, dia akan dengan mudah untuk mengingat lagu yang pernah kita ajarkan. Bahkan dia akan mengajari temannya, agar bisa bernyanyi bersamanya.

3.     Kreatif
Tidak semua anak mempunyai kreativitas. Karena kreativitas memerlukan imajinasi yang tinggi. Anak yang kreatif, biasanya sering merubah, memodifikasi sesuatu untuk menciptakan sesuatu yang baru. Misalnya kita mengajarkan anak kita membuat pesawat terbang dari kertas, ia akan mencoba membuat pesawat terbang dari kayu atau ia akan membuat robot dari kertas. Jadi ia berusaha merubah sesuatu dari yang ia ketahui, untuk meciptakan sesuatu yang baru.

4.     Kemampuan yang Menonjol
Pada setiap anak memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Misalkan si A, ia sangat berbakat dalam bernyanyi, sedangkan  si B berbakat dalam menggambar. Kita sebagai orang tua harus mengetahui kemampuan yang paling menonjol dari si anak. Agar kita lebih mudah untuk mengembangkannya. Ingat, orang tua tidak boleh memaksakan anak untuk melakukan sesuatu tidak disukainya. 

Apabila anak kita tidak mempunyai ciri-ciri di atas, jangan berkecil hati. Karena banyak sekali cara agar anak kita mempunyai bakat dan kecerdasan.  Sekian dulu ya, semoga bermanfaat..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar