Ketahui Kecerdasan Anak Sedini Mungkin


       Pada umumnya kecerdasan seseorang di ukur seberapa besar IQ yang dimilikinya, begitu pula dengan anak. Oleh karena itu, kita sebagai orang tua harus mengetahui kecerdasannya sedini mungkin, agar kita lebih mudah untuk mengembangkan kecerdasannya. Tingkat kecerdasan bayi bisa dilihat dari berat badan, ketika anak berusia 4 minggu pertama.  Anak yang berat badannya naik 40 persen di usia 4 minggu pertamanya, memiliki 1,5 poin lebih tinggi daripada anak yang mengalami kenaikan berat badan 15 persen di usia 4 minggu pertamanya. Hasil penelitian yang melibatkan 13.800anak yang dilakukan dari para peneliti University of Adelaide, Australia.


    Nilai IQ pada anak hanya untuk mengukur kecerdasan IQ verbal atau sering disebut akademik. IQ Akademik adalah  kemampuan anak dalam belajar dengan cepat, meliputi membaca dan menulis. Tapi jangan berkecil hati bagi orang tua, yang memliki anak yang IQnya hanya rata-rata. Karena kecerdasan anak, mempunyai tingkat kecerdasan yang berbeda-beda bukan hanya kecerdasan intelektual belaka. Mungkin saja, anak kita termasuk Multiple Intelligence.  

      Ada beberapa jenis kecerdasan yang juga perlu kita pahami, agar kita tahu kecerdasan anak kita seperti apa. Jadi, biarkan anak kita untuk melakukan kegiatan sesuka hatinya, sehingga dia bisa menemukan keahliannya. Kalau dia sudah menemukan sesuatu yang disukainya atau keahlianya,  tugas kita hanya mendukung agar si anak dapat mengembangkan keahliannya selama hal itu positif untuk buah hati kita.

Semoga bermanfaat ya..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar